Tips Aman Bertransaksi Internet Banking untuk Hindari Risiko Kerugian Besar

Tips Aman Bertransaksi Internet Banking
Tips Aman Bertransaksi Internet Banking untuk Hindari Risiko Kerugian Besar.

Berikut ini beberapa tips aman bertransaksi di Internet Banking. Tips Aman Bertransaksi Internet Banking.

Malware atau program jahat yang beredar di Internet dapat mengancam kerahasiaan data pribadi dan menimbulkan risiko kerugian finansial.

Cegah infeksi malware dengan cara:
  1. Rutin melakukan update anti virus pada komputer atau handphone Anda.
  2. Hindari akses Internet Banking dari warnet/jaringan publik .
  3. Hindari akses Internet Banking bukan dari perangkat pribadi Anda.
  4. Hindari akses ke situs-situs dewasa/download content /lagu ilegal yang seringkali memiliki risiko tinggi menularkan virus/malware ke perangkat Anda.
Waspada apabila ada perubahan layar login, layar transaksi, flow/ proses transaksi, muncul layar pop-up yang tidak biasa, atau transaksi mendadak terputus.

Tips Aman Bertransaksi Internet Banking

Hentikan transaksi , jangan masukkan kode m-Secure / e-Secure Anda, dan segera hubungi Call Center Bank Anda untuk memastikan Anda aman dari transaksi yang tidak dinginkan.

Penting juga untuk kita ingat bahwa pelaku kejahatan cyber selalu berupaya dengan berbagai cara dengan menerka informasi penting yang dimiliki korbannya maupun dengan melakukan pendekatan kepada korbannya. Anda dapat memitigasi risiko terhadap kejahatan cyber dengan cara:
  1. Jangan pernah meninggalkan perangkat pribadi Anda dalam kondisi log on Internet Banking
  2. Jangan menuliskan data-data rahasia Internet Banking (user-id, password, ataupun PIN m-Secure / e-Secure) di tempat yang bisa terlihat orang lain
  3. Jangan pernah memberikan data-data rahasia Internet Banking Anda kepada orang lain termasuk kepada petugas sekalipun, baik pada saat bertemu muka ataupun via telepon.
  4. Jangan percaya kepada orang yang menjanjikan sesuatu dan meminta Anda untuk menyampaikan data-data rahasia Internet Banking Anda dengan alasan sebagai syarat untuk mewujudkan janji tersebut.
  5. Perbarui password maupun PIN m-Secure / e-Secure Anda secara berkala.
Mari bersama-sama kita cegah kejahatan cyber dengan menjalankan beberapa tips di atas dimulai dari diri kita sendiri. (Sumber: BNI).*


Post a Comment

3 Comments

  1. Replies
    1. Mgetes Reply komentar agak panjang dikit lah biar kelihatan bagaimana tampilannya di kotak komentar blogger ini sebagaimana diinginkan --bagus baik rapi dan menarik

      Delete
  2. Test lagi komentar agak panjang dikit lah biar kelihatan bagaimana tampilannya di kotak komentar blogger ini sebagaimana diinginkan

    ReplyDelete